SARANA DAN PRASARANA S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIB

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dapat dikatakan telah sesuai dengan kebutuhan untuk penyelenggaraan kegiatan akademik. Saat ini Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu  telah memiliki sejumlah sarana untuk menunjang kegiatan Tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 

Sarana yang dimaksud  meliputi  alat-alat laboratorium, peralatan kantor (komputer, LCD, layar,  printer, telpon, faksimile, AC, lampu,  meja, kursi, almari, dan rak), perlengkapan ruang kuliah (kursi, meja, papan tulis, LCD, layar, AC, lampu), perlengkapan ruang dosen (meja, kursi, rak buku, AC) dan sarana teknologi informasi ( televisi, internet), serta perlengkapan toilet. 

Prasarana program studi pendidikan matematika yang digunakan saat ini adalah terdiri dari sejumlah gedung yang difungsikan untuk ruang kuliah, ruang microteaching, laboratorium, ruang dosen, , ruang sidang, ruang seminar, dan toilet), mushola, lahan parkir, taman  dan akses jalan antar gedung.

Gedung Pembelajaran dan Ruang Kuliah

Sarana utama untuk kegiatan perkuliahan adalah ruang kelas.  Ruang kelas prodi pendidikan matematika terdapat pada 2 gedung pembelajaran yang saling berdekatan yaitu Gedung Kuliah Bersama (GKB) III dan Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV. Fasilitas  yang tersedia pada setiap ruang kelas tediri dari papan tulis, meja, kursi, proyektor, dan LCD. Pada setiap Ruang perkuliahan juga telah dilengkapi dengan kipas angin, jaringan internet (wifi), dan lingkungan ruang kelas yang bersih dan nyaman yang menunjang perkuliahan.

Laboratorium Pembelajaran

Dalam menunjang kegiatan praktikum dan penelitian, Program Studi Pendidikan Matematika juga telah tersedia fasilitas laboratorium pembelajaran. Laboratorium ini memiliki peralatan lengkap dan memadai, seperti alat peraga matematika dan peralatan praktikum lainnya. Laboratorium ini juga dilengkapi dengan LCD, jaringan internet (wifi), pendingin ruangan (AC) serta seprerangkat meja dan kursi. 

C:\Users\ACER\Downloads\labor luar.jpg

Ruang Baca

Bukan hanya laboratorium sebagai fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, namun ada juga ruang baca yang digunakan untuk mencari referensi dalam kegiatan perkuliahan. Terdapat juga banyak literasi yang bisa diserap oleh para mahasiswa. Dengan suasana yang nyaman dan tenang, ruang baca mejadi tempat para mahasiswa berkumpul dan berdiskusi mengerjakan tugas kuliah ataupun tugas akhir. Ruang baca memiliki lokasi yang strategis yang letak gedungnya berada di samping gedung laboratorium pembelajaran sehingga jalan menuju kesana mudah diakses oleh para mahasiswa dan dosen.

C:\Users\ACER\Downloads\rb 1.jpg

Ruang Sidang Mahasiswa

Program studi pendidikan matematika menyediakan ruangan sidang mahasiswa. Ruangan ini khusus digunakan saat pelaksanaan sidang ujian skripsi dan tugas akhir. Ruangan ini terletak di lantai satu laboratorium pembelajaran FKIP. Selain tempatnya yang nyaman, ruangan ini juga tenang dan jauh dari kebisingan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat fokus saat melaksanakan sidang skripsi. Ruangan ini dilengkapi dengan pendingin ruangan, proyektor, serta meja khusus untuk mahasiswa dan dosen penguji.

Ruang Dosen

Salah satu ruangan khusus yang disediakan oleh prodi pendidikan matematika adalah ruang dosen. Ruang ini terletak di lantai dua gedung dekanat FKIP UNIB. Ruang dosen pendidikan matematika dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya printer, komputer, pendingin ruangan (AC), proyektor, meja-meja khusus dosen yang tertata dengan rapi, lemari tempat penyimpanan arsip, dan sebuah pantry.

Mushola

Bagi mahasiswa yang beragama islam diberikan fasilitas berupa mushola. Mushola terbagi menjadi dua, ada mushola khusus wanita dan mushola khusus pria. Mushola wanita dilengkapi dengan sajadah yang tersusun dengan rapi serta alat salat untuk wanita yang disimpan di satu lemari khusus, juga sebuah cermin yang digantungkan di dinding mushola. Selain itu, untuk mendukung kegiatan ibadah mahasiswa, disediakan juga tempat wudhu khusus pria dan wanita.

Kantin

Salah satu fasilitas yang juga disediakan prodi pendidikan matematika adalah kantin. Di sini terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dibeli oleh mahasiswa tanpa perlu keluar dari gedung perkuliahan. Selain kantin, fasilitas yang tidak kalah penting adalah photocopy. Letak photocopy ini ada di sebelah kantin. Di sini, tidak hanya melayani photocopy saja namun juga beberapa jasa lainnya seperti print, jilid, serta penjualan alat-alat tulis yang sangat lengkap.

Lahan Parkir

Program Studi Pendidikan Matematika memiliki tempat parkir yang luas dan dibagi menjadi dua tempat, untuk mobil dan motor. Selama waktu perkuliahan, temapt parkir dipantau dan ditata rapih oleh Satpam sehingga aman dan nyaman bagi para mahasiswa dan dosen yang membawa kendaraan pribadi.