Hari ini tanggal 14 Agustus 2024 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIB telah mengadakan Workshop Evaluasi Kurikulum MBKM Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu”. Workshop ini dilaksanakan pada pukul 08.30 – 12.30 WIB di ruangan wings kiri laboratorium pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, yang mana kegiatan dihadiri langsung oleh Wakil Dekan bidang sumber daya FKIP UNIB yaitu Bapak Dr. Dian Pujianto, S.Pd.Jas., M.Or. dan  Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIB, Bapak Ringki Agustinsa S.Pd., M.Pd. selain  itu kegiatan ini juga dihadiri Dosen program studi Pendidikan Matematika FKIP UNIB dan para peserta workshop dari kalangan guru beserta kepala sekolah jenjang SMP dan SMA.

          Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber yang sangat luar biasa dengan segudang prestasinya masing-masing. Selain itu  tentunya ketiga narasumber menghadirkan materi-materi yang sejalan dengan Evaluasi Kurikulum MBKM saat ini, ketiga narasumber tersebut tersebut adalah

  1. Prof. Drs. Agus Susanta, M.Ed., Ph.D
  2. Hidayati Rahmah, M.Pd.Mat
  3. Dr. Syalendra Putra, M.Pd

Narasumber pertama yaitu Bapak Prof. Drs. Agus Susanta, M.Ed., Ph.D. menyajikan materi  “Pengembangan Kurikulum MBKM Program Studi S1 Pendidikan Matematika dan Profil Lulusannya”. Penyajian materi dipandu langsung oleh moderator yaitu ibu Dr. Nurul Astuty Yensy, B. S.Si., M.Si.

          Pada sesi materi pertama telah dirangkum pembahasan mengenai pengembangan kurikulum perguruan tinggi dan standarnya, tidak ketinggalan pembahasan mengenai landasan hukum dan kebijakan serta orientasi kurikulum program studi yang memuat penguasan ilmu pengetahuan, kecakapan umum yang dibutuhkan, dan kemampuan intelektual. Selain itu ada beberapa penjelasan mengenai tahapan-tahapan penyusunan dokumen kurikulum yang sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik di era saat ini. Pada sesi ini juga dijabarkan terkait implementasi Merdeka Belajar pada tingkat perguruan tinggi mulai dari HAK mahasiswa, fasilitas kegiatan luar kampus, dan bentuk pengakuan rekognisi MBKM. Selain itu sesuai dengan judul materi yang dijabarkan, pada sesi ini terdapat pembahasan mengenai profil lulusan yang ditargetkan seperti menjadi seorang pendidik Matematika, Asisten Peneliti Pendidik Matematika, dan jika ingin memanfaatkan teknologi di era saat ini kita juga dapat menjadi Eduprener Matematika.

          Narasumber berikutnya yaitu Ibu Hidayati  Rahmah, M.Pd.Mat. menyajikan materi  “Kurikulum SMP  Saat Ini dan Profil Lulusan yang Dibutuhkan di SMP”. Penyajian materi dipandu langsung oleh moderator kedua yaitu ibu Dr. Effie Efrida Muchlis, S.Pd., M.Pd. Pada sesi kedua ini narasumber menjabarkan pembahasan mengenai kurikulum SMP saat ini, landasan yang digunakan kurikulum mulai dari capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, hingga bagaimana tenaga pendidik mengeksekusi alur tujuan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu tak ketinggalan berbagai penjelasan mengenai domain-domain pembelajaran matematika tingkat SMP. Profil lulusan Matematika yang dibutuhkan di tingkat SMP tak kalah pentingnya untuk disimak mulai dari lulusan yang diharapkan memiliki pemikiran yang kritis, dapat berkolaborasi dengan siswa serta mampu mengikuti perkembangan teknologi.

          Materi Ketiga dijabarkan oleh Bapak Dr. Syalendra Putra, M.Pd. dimana beliau menyajikan materi  “Kurikulum SMA Saat Ini dan Profil Lulusan yang Dibutuhkan di SMA”. Penyajian materi dipandu langsung oleh moderator ketiga yaitu ibu Dewi Rahimah, S.Pd., M.Ed., Ph.D.   Pada sesi terakhir dijabarkan penjelasan mengenai Kurikulum Matematika SMA, Tujuan Pembelajaran Matematika SMA yang memuat pengembangan kemampuan berpikir, penguasaan konsep matematika, pengembangan sikap positif, dan pengembangan keterampilan. Selain itu terdapat penjelasan mengenai elemen proses pembelajaran Matematika dan elemen konten pembelajaran matematika. Struktur kurikulum matematika SMA menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh bapak ibu guru yaitu capaian pembelajaran mulai dari fase E hingga Fase F dan sistem pembelajaran yang harus kolaboratif dan berdiferensiasi. Dalam sesi ini juga terdapat pembahasan mengenai asesmen pembelajaran matematika SMA baik itu formatif ataupun sumatif, pengembangan modul ajar serta profil lulusan Matematika yang dibutuhkan di SMA mulai dari lulusan yang harus kreatif, inovatif, kolaboratif dan reflektif.

          Kegiatan workshop hari ini terlaksana dengan menyenangkan dan juga tentunya dapat bermanfaat bagi para peserta, karena selain pemaparan materi terdapat juga sesi diskusi atau tanya-jawab antara peserta dengan narasumber, sesi ini mampu membuka pandangan baru terkait kurikulum yang sedang diterapkan saat ini mulai dari kesulitan dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, penerapan profil pelajar pancasila yang masih belum maksimal, bahkan banyaknya tuntutan guru dalam proses registrasi kurikulum. Selain itu pada sesi ini para dewan guru dan kepala sekolah diberikan kebebasan berpendapat terkait kemampuan lulusan studi pendidikan yang seharusnya dimiliki oleh para calon guru Matematika.          Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat, harapannya kegiatan ini dapat memberikan masukan untuk evaluasi kurikulum MBKM saat ini sehingga baik pendidik ataupun calon pendidik dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan  pendidikan masa depan, karena sejatinya calon pendidik adalah ‘menuntun’ bukan ‘menuntut’. (ZS)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *